Jumat, 17 Januari 2014

PKM-K






Logo-UAD.png

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) : Camilan Sehat Kaya Rasa

BIDANG KEAHLIAN :
PKM-KEWIRAUSAHAAN


Diusulkan oleh :

1. UMMAHATUL AZIES                             (11026016/2011)
2. ANISA NURHASANAH                         (11026026/2011)
3. HAFIDA AMALIA                                   (11026014/2011)
4. FATMAWATI KUSUMA WARDANI    (11026038/2011)
                                    5. ENENG KHOFIFAH                                  (12003192/2012)



UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
YOGYAKARTA
2013



Lembar Pengesahan
PENGESAHAN USULAN PKM-KEWIRAUSAHAAN

1. Judul Kegiatan                                            : KRIPIK PIKASA (PISANG KAYA RASA)
2. Bidang Kegiatan                                        :  PKM-K
3. Ketua Pelaksana Kegiatan                        
 a. Nama Lengkap                                          :
Ummahatul Azies
 b. NIM                                                          : 1102601
6
 c. Jurusan                                                      : Sastra Inggris
 d. Perguruan Tinggi                                      : Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
 e. Alamat Rumah                                          : Jl.
Gambiran UHv, Yogyakarta
 f. No. Telp/ HP                                             : 0878
38594799
 g. Email                                                         : ummahatul_azies@ymail.com
4. Anggota Pelaksana Kegiatan/ Penulis       : 5 (lima) orang
5. Dosen Pendamping
 a. Nama Lengkap dan Gelar                         : Tri Rina Budiwati, S.S, M.Hum
 b. NI
DN                                                        : 60020401
 c. Alamat Rumah                                          :
Bajen RT 13/RW IV Purbayan, Kota Gede                       
 d. No Telp/ HP                                              : 081568419695
6. Biaya Kegiatan Total :
 a. Dikti                                                          :
Rp 12.500.000,00
 b. Sumber Lain                                              : Rp
2.500.000,00
7. Jangka Waktu Pelaksanaan                        : 5 bulan

Yogyakarta, 21 September 2013

Menyetujui,                                                   
Wakil/Pembantu Dekan atau Ketua Pelaksana Kegiatan               Ketua Pelaksana Kegiatan



( Tri Rina Budiwati, S.S., M Hum )                                                    (
Ummahatul Azies)
NIP/NIY.                                                                                             NIM. 1102601
6


Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan                                            Dosen Pendamping



( Dr. Abdul Fadlil, M.T. )                                                  ( Tri Rina Budiwati S,S., M Hum)
NIP/NIY. 60960140                                                           NIDN. 60020401


DAFTAR ISI
RINGKASAN................................................................................................................        

BAB I
Pendahuluan
1.1  Latar Belakang……………………………………………………………………         1
1.2  Rumusan Masalah………………………………………………………………..          2
1.3  Luaran yang diharapkan……………………………………………………………       2
1.4  Manfaat……………………………………………………………………………....    2

BAB II
Tinjauan Pustaka
2.1 Keunggulan……………………………………………………………………..............3
2.2 Strategi Pemasaran………………………………………………………………...........3
2.3 Analisis SWOT…………………………………………………………………………4

BAB III
Metode Pelaksanaan
3.1 Pelaksanaan……………………………………………………………………………..5
3.2 Produksi………………………………………………………………………………...5
3.3 Keberlanjutan…………………………………………………………………………...6

BAB IV
Biaya dan Jadwal kegiatan
4.1 Anggaran Biaya...............................................................................................................7
4.2 Jadwal Kegiatan…...........................................................................................................8

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN
Rancangan biaya……………………………………………………………………..........11
Nama dan Biodata…………………………………………………………………...........13
Uraian Tugas……………………………………………………………............................14

RINGKASAN
Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) : Camilan Sehat Kaya Rasa ini adalah sejenis camilan berbahan dasar buah pisang yang diolah menjadi kripik pisang. Makanan yang berdasar olahan pisang yang ada ini masih jarang sekali atau bahkan belum ada yang menawarkan olahan pisang dengan berbagai rasa selai tersebut. Dengan menghadirkan camilan yang inovatif ini diharapkan mendapat banyak dukungan dari berbagai kalangan masyarakat terutama konsumen.
Adapun tujuan dan target khusus yang ingin dicapai, yakni pertama dari segi kesehatan ; untuk memanfaatkan nutrisi buah pisang sebagai camilan yang sehat, membuat produk olahan pisang yang aman untuk dikonsumsi. Yang kedua dari segi inovatif, yakni ; memadupadankan kripik pisang dengan berbagai macam selai, menghasilkan produk Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa)  yang disukai dari kalangan masyarakat, dan juga meningkatkan daya kretifitas mahasiswa dalam jiwa berkewirausahaan. Dan yang ketiga dari segi bisnis, yakni; menumbuhkan jiwa entrepreneur dengan usaha yang sesuai dengan keahlian masing-masing, membuka lapangan kerja bagi masyarakat umum.
Adapun target yang ingin dicapai yakni mendapatkan keuntungan yang lebih dari hasil penjualan Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) yang mampu menjual dan menawarkan ke berbagai kalangan masyarakat, memperkenalkan produk baru Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) sebagai camilan yang inovatif, membuat konsumen merasa nyaman dengan hadirnya kripik pisang yang memiliki berbagai selai rasa, juga ingin memproduksi olahan pisang dan selai buah menjadi suatu produk yang digemari oleh masyarakat luar maupun lokal. Serta meningkatkan ketertarikan daya jual yang tinggi pada hasil produk negri sendiri dibanding produk luar negri.
Metode yang dipakai dalam pencapaian tujuan yakni, pertama pengusul menerapkan harga yang terjangkau dan tergolong murah supaya konsumen tidak keberatan dengan mencoba membeli Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) yang telah jadi, pengusul juga menawarkan macam selai rasa yang bisa menarik konsumen yang digunakan pada kripik pisang sebagai olesan diatasnya. Yang kedua yakni pengusul telah menyiapkan tempat yang terjangkau oleh masyarakat umum sebagai tempat jual Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) yang mudah untuk didatangi.
.
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Lapangan kerja dan kesempatan kerja di Indonesia merupakan suatu kegiatan yang penting dan mulia. UAD berusaha untuk mewujudkannya dengan mata kuliah kewirausahaan yang salah satu tujuannya adalah memberi jiwa kemandirian kepada mahasiswa.
Dewasa ini banyak industri makanan baik industri kecil maupun besar yang berinovasi untuk mengolah pisang menjadi bentuk makanan lain. Persaingan dalam kreasi dan inovasi pengolahan pisang yang unik dan menarik pun kian ketat. Produksi olahan pisang dengan berbagai bentuk sudah banyak dilakukan oleh masyarakat maupun pelaku industri makanan. Variasi bentuk, rasa dan warna yang diproduksi pun bermacam-macam. Dari berbagai bentuk makanan olahan pisang yang ada masih jarang atau bahkan belum ada yang menawarkan olahan pisang dengan berbagai rasa.
Pengusul turut memeriahkan persaingan dalam mengolah pisang dengan mengusung tema sebagai guna hidup sehat. Adapun brand produk pengusul ialah Kripik Pikasa yang bermacam citarasa selai buah. Pertimbangan pembuatan Kripik Pikasa ialah pisang merupakan buah yang digemari oleh hampir semua usia serta keunggulan Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) dibuat tanpa bahan pengawet, pemanis, dan pewarna yang berbahaya sehingga aman untuk dikonsumsi. Keunikan yang dimiliki terdapat pada rasa selai yang ditawarkan; selai strawberry, selai mangga, selai nanas dan selai nangka.
1.2  RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah yang dibahas adalah :
1.      Bagaimana mengolah pisang menjadi kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) yang menghasilkan rasa yang beraneka ?
Tujuan : Kripik pisang mempunyai banyak rasa.
Teori : Cara mengolah pisang menjadi kripik yang beraneka rasa.
2.      Bagaimana memperkenalkan kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa) supaya dikenal dikalangan masyarakat Yogyakarta ?
Tujuan : agar kripik pisang kaya rasa di kenal dikalangan masyarakat luas.
Teori :  Cara memperkenalkan kripik pisang rasa kepada konsumen.

1.3  LUARAN YANG DIHARAPKAN
Keluaran yang diharapkan dari PKMK ini adalah sebagai berikut :
a.       Menghasilkan sebuah inovasi yang mampu menarik minat masyarakat untuk mencoba makanan ataupun camilan yang sebelumnya belum diketahui oleh masyarakat Yogyakarta.
b.      Menghasilkan produk camilan sehat kaya vitamin.

1.4  MANFAAT
Bagi mahasiswa :
a.       Dengan program ini diharapkan menjadi upaya pengembangan kreativitas dan inovasi produk olahan makanan khususnya pisang.
Bagi masyarakat :
a.       Ditemukannya produk olahan pisang yang unik, berkualitas, terjangkau dan prestigious.
b.      Program ini diharapkan dapat dikembangkan dalam industri rumah tangga dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru.


















BAB 2
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA

Secara umum produk pisang ini bisa dipasarkan dimana pun tanpa melihat letak geografis lokasi pemasaran sehingga pemasaran produk ini bisa secara luas. Adapun hal yang perlu diperhatikan adalah akses distribusi yang terjangkau. Pembeli produk kami adalah masyarakat umum dari berbagai kalangan ekonomi karena harga produk yang kami tawarkan cukup terjangkau sesuai dengan biaya produksi. Segmen pasar yang dibidik adalah para penggemar pisang dengan target pasar khususnya anak dan remaja.

2.1 KEUNGGULAN
Keunggulan produk yang pengusul hasilkan ialah :
a.  Produk memiliki bentuk unik dengan aneka rasa buah.
b.  Produk memiliki nilai estetika karena berbeda dengan kripik pisang pada
   umumnya.
c. Dalam produk makanan ini, tidak memakai bahan pengawet.
d. pewarnaan makanan yang dihasilkan, tercipta dari selai buah itu sendiri.

2.2  STRATEGI PEMASARAN
Dalam memasarkan Kripik Pikasa dilakukan penambahan-penambahan strategi pemasaran, yaitu :
a.      Bentuk kemasan
Bentuk kemasan akan dikemas dengan menggunakan plastik kemas untuk menjaga kualitas pisang agar tetap renyah. Satu paket terdiri dari lima buah kripik dengan satu rasa.
b.      Lokasi
Penentuan lokasi yang strategis juga penting untuk menarik perhatian masyarakat. Untuk tahap awal, promosi bisa dilakukan melalui relasi atau kenalan. Semakin banyak relasi. Sistem tatap muka dengan penjual juga baik untuk pengusaha yang belum atau cukup mampu membeli toko.



c.       Sosial Media
Jejaring sosial facebook dan twitter juga dilakukan sebagai strategi pemasaran online. Facebook dan twitter bergenre account bisnis ini dapat secara langsung mendapatkan pelanggan.
d.      Sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia
Sertifikat halal dengan mengajukan surat perizinan kepada Department Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk meyakinkan konsumen bahwa Kripik Pikasa tidak mengandung bahan berbahaya.

2.3  Analisis SWOT
Strength (Kekuatan)
Harga jual lebih murah
Pengalaman dalam kegiatan nirlaba
Weakness (Kelemaha
Belum berpengalaman dalam professional bussines.
Masih aktif kuliah.
Manajemen belum tertata maksimal.
Lokasi usaha memerlukan manajemen dan pembagian tugas yang baik.
Oppourtunity
(Peluang)
Pesaing memiliki produk terbatas
Threat (Ancaman)
Ada beberapa yang bergerak dalam usaha yang sama
Keretakan internal
Kurangnya sumberdaya

Implikasi OW
Pembagian jam kerja
Implikasi WT
Melakukan sinergi dengan pengusaha lain.
Evaluasi dan pembenahan manejemen.

Implikasi OS
Memaksimalkan kenyamanan konsumen.
Harga lebih murah dengan pelayanan maksimal.
Penganekaragaman produk menggunakan selai.

Implikasi ST
Melakukan lobi-lobi.
Memaksimalkan target promosi melalui media massa atau internet.


BAB 3
METODE PELAKSANAAN

3.1 Persiapan
Persiapan pelaksanaan program meliputi observasi dan orientasi lapangan. Observasi lapangan dilakukan untuk mengetahui ketersediaan bahan baku yang digunakan sedangkan orientasi lapangan juga perlu dilakukan untuk mempersiapkan program baik dalam proses pendesainan, pembuatan Kripik Pisaka, dan analisis produk akhir. Bahan baku dibeli di toko bahan baku makanan.

3.2  Produksi
Produk inovasi yang direncanakan yaitu Kripik Pikasa yang terbuat dari bahan baku yang berupa pisang dan menggunakan pewarna alami makanan. Untuk bentuk dari kripik ini berbentuk lonjong piih. Produksi dilakukan secara terpusat di suatu tempat dengan penjualan secara franchise.
Berikut adalah langkah membuat Kripik Pikasa :
Pisang kepok putih diiris tipis sehingga menjadi 5 irisan.
Pisang kemudian direndam dengan sedikit bubuk soda dan garam.
Kemudian digoreng hingga agak kecoklatan.
Tiriskan pisang kemudian sajikan dengan selai buah yang telah disiapkan.
Cara membuat selai buah :
-          Buah dikupas, lalu dipotong-potong dan diblender.
-          Kemudian buah disangrai hingga agak kering.

3.2.1 Analisis Hasil Produk
a.       Kelayakan Produk
-          Produk yang aman dikonsumsi
-          Produk yang bebas pemanis, pengawet dan pewarna kimia berbahaya
b.      Keunggulan Produk
-          Produk mempunyai rasa yang khas sehingga menarik dan berbeda dari produk lain di pasaran.


3.2.2        Keberlanjutan
a.      Keberlanjutan Operasional



b.      Keberlanjutan Financial




BAB 4
BIAYA DAN JADWAL

4.1  ANGGARAN BIAYA

1.      Tabel. 1 Biaya Variabel (Variable Cost) / operasional
No.
             Bahan
        Banyaknya
Harga
1.
Pisang kepok
15 sisir
Rp 180.000,00
2.
Gula
3 kg
Rp   60.000,00
3.
Garam
2 bungkus
Rp    10.000,00
4.
Nanas
10 buah
Rp 50.000,00
5.
Mangga manalagi
7  kg
Rp 85.000,00
6.
Minyak goreng
5 liter
Rp 120.000,00
7.
Baking soda
2 botol
Rp    5.000,00
8.
Strawberry
8  kg
Rp 160.000,00
9.
Nangka
6  buah
Rp   30.000,00


JUMLAH
Rp 700.000,00

2.      Tabel. 2 Biaya Tetap (Fixed Cost)
   No.
Alat
Banyaknya
Harga
1.
Pisau
4 buah
Rp    50.000,00
2.
Telenan
2 buah
Rp    20.000,00
3.
Wajan
2 buah
Rp    80.000,00
4.
Baskom
2 buah
Rp    10.000,00
5.
Serok
2 Buah
Rp    20.000,00
6.
Gas 15 kg
2 tabung
Rp  200.000,00
7.
Kompor gas
1 buah
Rp  250.000,00
8.
Kuas makanan
4 buah
Rp     30.000,00
9.
Pembungkus produk
1 kg
Rp     20.000,00
10.
Nampan
3 buah
Rp     20.000,00
11.
Ruko/ sewa tempat

Rp 7.000.000,00
12
Blender
1 buah
             Rp 200.000,00


               JUMLAH
            Rp 7.900.000,00

3.      Tabel. 3 Transportasi
No.
Jenis pengeluaran
Jumlah
1.
Transportasi pengambilan bahan
Rp    400.000,00
2.
Transportasi anggota 4 orang
Rp    400.000,00


         Rp    800.000,00

4.      Tabel. 4 Publikasi dan Dokumentasi
No.
Jenis pengeluaran
Jumlah
1.
Dokumentasi
Rp 200.000,00
2.
Penjilidan dan fotocopy proposal
Rp 100.000,00
3.
Biaya tak terduga
Rp 300.000,00


Rp 600.000,00

5.      Tabel. 5 Rekapitulasi Biaya
No.
Jenis pengeluaran
Jumlah
1.
Biaya tetap
Rp 7.900.000,00
2.
Biaya transportasi
Rp 800.000,00
3.
Biaya variabel
Rp    700.000,00
4.
Biaya dokumentasi dan publikasi
Rp    600.000,00


Rp 10.000.000,00

4.2  JADWAL KEGIATAN PROGRAM

No.
KEGIATAN
Bulan ke-
1
2
3
4
5
1.
Observasi lapangan (bahan baku dan alat)





2.
Observasi pasar dan target





3.
Produksi Kripik Pikasa





4.
Pendistribusian dan penjualan Kripik Pikasa





5.
Pelaporan perkembangan program





6.
Pelaporan akhir program












4.1 ANGGARAN BIAYA                                   
Tabel 1. Biaya Variabel / Biaya tidak tetap
No
Bahan
Kuantitas / banyaknya
Harga satuan
Jumlah Harga





1
Pisang kepok
100 sisir
Rp 18.000,00-
Rp  1.800.000,00-
2
Gula
5 kg
Rp 11.000,00-
Rp       55.000,00-
3
Strawberry
80 kg
Rp 20.000,00-
Rp  1.600.000,00-
4
Nanas
100 buah
Rp   5.000,00-
Rp     500.000,00-
5
Mangga manalagi
40 kg
Rp 15.000,00-
Rp     600.000,00-
6
Minyak goreng
50 liter
Rp 18.000,00-
Rp     900.000,00-
7
Nangka
20 buah
Rp   5.000,00-
Rp     100.000,00-



Jumlah
Rp  5.500.000,00

 Tabel 2.Biaya Tetap
No
Alat
Kuantitas / Banyaknya
Harga Satuan
Jumlah Harga





1
Pisau
4 buah
Rp      20.000,00-
Rp     80.000,00-
2
Telenan
4 buah
Rp      10.000,00-
Rp     40.000,00-
3
Wajan
2 buah
Rp      50.000,00-
Rp   100.000,00-
4
Baskom
3 buah
Rp      15.000,00-
Rp     45.000,00-
5
Serok
2 buah
Rp      15.000,00-
Rp     30.000,00-
6
Gas
2 kali isi
Rp      90.000,00-
Rp   180.000,00-
7
Tabung gas
1 buah
Rp    300.000,00-
Rp   300.000,00-
8
Kompor gas besar
1 buah
Rp    250.000,00-
Rp   250.000,00-
9
meja
1 buah
Rp    200.000,00-
Rp   200.000,00-
9
Kuas makanan
4 buah
Rp        7.500,00-
Rp     30.000,00-
10
Pembungkus produk
5 kg
Rp      20.000,00-
Rp   100.000,00-
11
Nampan
3 buah
Rp      10.000,00-
Rp     30.000,00-
12
Blender
1 buah
Rp    250.000,00-
Rp   250.000,00-
13
Buku nota pembelian
3 buah
Rp        2.000,00-
Rp       6.000,00-
13
Sewa tempat
4 bulan
Rp    100.000,00-
Rp   400.000,00-
14
Kantong plastik besar
5 kg
Rp      15.000,00-
Rp     75.000,00-
15
Etalase
1 buah
Rp 1.000.000,00-
Rp1.000.000,00-



Jumlah
2.916.000,00-



Tabel 3. Transportasi
No
Jenis Pengeluaran
Jumlah
1
Transportasi pengambilan bahan
Rp     650.000,00
2
Transportasi anggota  4 orang
Rp     600.000,00

JUMLAH
Rp 1.250.000,00

Tabel 4. Lain-lain 
No
Jenis pengeluaran
Jumlah
1
Dokumentasi
Rp    500.000,00
2
Penjilidan dan fotocopy proposal
Rp    100.000,00
3
Biaya tak terduga
Rp    650.000,00

JUMLAH
Rp 1.250.000,00




















LAMPIRAN

LAMPIRAN 1
Analisis financial Kripik Pikasa (Pisang Kaya Rasa)
BRUTO / laba kotor
per hari = 30 bungkus (1 bungkus = 10 potong)
1 bungkus = Rp 8.000,00-
30 bungkus x Rp 8.000,00- = Rp 240.000,00

Per bulan = 30 bungkus x 30 hari = 900 bungkus
900 bungkus x Rp 8.000,00-  =  Rp 7.200.000,00-

Per 4 bulan = Rp 7.200.000,00- x 4 bulan = Rp 28.800.000,00

NETTO / laba bersih  = (laba kotor –beban pengeluaran)
                                     = (Rp 28.800.000 – 12.500.000)
                                     =Rp 16.300.000,00- (selama 4 bulan)






















LAMPIRAN 2

No
Jenis Pengeluaran
Biaya
1
Peralatan penunjang 20-30 %
Rp. 2.916.000,00-
2
Bahan habis pakai 40-50 %
Rp  5.500.000,00-
3
Transportasi 10 %
Rp 1.250.000,00-
4
Lain-lain 10 %
Rp 1.250.000,00-

JUMLAH
Rp 10.916.000,00-







Lampiran 3
NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK
1.              Ketua Pelaksana
a.              Nama Lengkap                        : Ummahatul Azies
b.              Tempat, tanggal lahir              : P.long, 5 Januari 1993
c.              NIM                                        : 11026016
d.             Fakultas/ Prodi                        : FSBK/Sastra Inggris
e.              Perguruan Tinggi                     : Universitas Ahmad Dahlan
f.               No hp                                      : 087838594799
g.              E-mail                                      : ummahatul_azies@ymail.com

2.              Anggota Pelaksana 1
a.              Nama Lengkap                        : Anisa Nurhasanah
b.              Tempat, tanggal lahir              : Lampung, 12 April 1992
c.              NIM                                        : 11026026
d.             Fakultas/ Prodi                        : FSBK/Sastra Inggris
e.              Perguruan Tinggi                     : Universitas Ahmad Dahlan
f.               No hp                                      : 087838286862
g.              E-mail                                      : anisanurhasanah916@yahoo.co.id

3.              Anggota Pelaksana 2
a.              Nama Lengkap                        : Hafida Amalia
b.              Tempat, tanggal lahir              : Yogyakarta, 10 April 1993
c.              NIM                                        : 11026014
d.             Fakultas/ Prodi                        : FSBK/Sastra Inggris
e.              Perguruan Tinggi                     : Universitas Ahmad Dahlan
f.               No hp                                      : 085643540969
g.              E-mail                                      : katakambing@yahoo.co.id

4.              Anggota Pelaksana 3
a.              Nama Lengkap                        : Fatmawati Kusuma Wardani
b.              Tempat, tanggal lahir              : Sleman, 17 Februari 1993
c.              NIM                                        : 11026038
d.             Fakultas/ Prodi                        : FSBK/Sastra Inggris
e.              Perguruan Tinggi                     : Universitas Ahmad Dahlan
f.               No hp                                      : 083840447975
g.              E-mail                                      : fatmawatikusumawardani@yahoo.com

5.              Anggota Pelaksana 3
a.       Nama Lengkap                       : Eneng Khofifah
h.              Tempat, tanggal lahir              : Pandeglang, 10 Februari 1994
i.                NIM                                        : 12003192
j.                Fakultas/ Prodi                        : PBSI
k.              Perguruan Tinggi                     : Universitas Ahmad Dahlan
l.                No hp                                      : 083813022767
m.            E-mail                                      : Khofifaheneng10@gmail.com



                                                                                                            














Lampiran 4
NAMA
PRODI
BIDANG ILMU
ALOKASI WAKTU
URAIAN TUGAS
Ummahatul Azies
Sastra inggris
Sastra inggris
3            jam
Mengawasi dan memberikan pengarahan kepada anggota dalam kegiatan penyelesaian PKM-K.

Melakukan pengoreksian apabila terjadi kesalahan dalam proses pembuatan camilan.


Anisa Nurhasanah
Sastra inggris
Sastra inggris
4 jam
Mempersiapkan barang jadi untuk di distribusikan kepada konsumen.


Fatmawati kusuma wardani
Sastra inggris
Sastra inggris
4 jam
Mendistribusikan barang jadi kepada konsumen.

Mengatur / menyimpan keuangan.

Hafida Amalia
Sastra inggris
Sastra inggris
4 jam
Menerima pesanan melalui jejaring sosial maupun di lokasi penjualan / kios.

Membuat anggaran penjualan.
Eneng khofifah
Pendidikan Bahasa dan satra Indonesia
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
4 jam
Mengirim barang melalui post / kilat.






Lampiran 5. Formulir Penilaian Monev PKM-P
Perguruan Tinggi
:

Fakultas/Program Study
:

Ketua Pelaksana
:

Jumlah anggota
:

Judul Program
:

Biaya Pelaksanaan
:

NO
Item penilaian
Bobot
skor
Nilai
(Bobot x Skor)
1.       
Target Luaran
Kesesuaian luaran dan permintaan pasar
10


2.       
Metode
Keberhasilan metode
10


3.       
Ketercapaian Target Luaran
Kesesuaian dengan LogBook dan IKJP
20


4.       
Kesesuaian pelaksanaan
Waktu pelaksanaan, bahan dan alat serta metode
yang digunakan, personalia, biaya
10


5.       
Kekompakan Tim Pelaksana
Kerjasama, pembagian tugas
10


6.       
Peranan Pembimbing
Mengoreksi usulan, memantau pelaksanaan,
melayani konsultasi
15


7.       
Potensi Khusus
Peluang Paten, Peluang komersial, dan Peluang
Keberlanjutan Bisnis (PKMK)
25


8.       
Jumlah
100









Keterangan : Skor : 1, 2, 3, 5, 6, 7 (1 = Buruk; 2 = Sangat kurang; 3 = Kurang; 5 = Cukup; 6 =
Baik; 7 = Sangat baik); Nilai = Bobot x Skor
Komentar Penilai
..................................................................................................................................................
..................................................................................................................................................
................................................................................
,           ,                      
Penilai,



Tanda tangan
( Nama Lengkap )








DAFTAR PUSTAKA

Subekti, Agus ,2013. Panduan PKM 2013. Jakarta: 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar